Mengenang Kenal Andre Permana, Pejuang dan Teman Baik Icus

Demi apa yak gua masih sedih pas tau kabar Andre meninggal. Tau gue tau, pasti ada yang lebih deket, ada yang lebih sedih, dan ada yang lebih sering diceritain. Ini gua cerita dikit pas temen gua yang satu ini mulai sering sakit, hidup sendiri (karena ngekos) di Jakarta, pergi ke bibinya di Tangerang dalam keadaan sakit, sampe balik ke Lampung.

Kita kenal gatau dari kapan, mungkin sejak SMP yak? Karena game di Facebook. Abis itu paling cuma selewat-selewat kalau nongol di beranda facebook atau story instagram. Awal sering chat lagi karena sama-sama suka baca novel (ebook), dan sesama anak kuliahan yang share gimana kampus masing-masing, terus yaallah Andre, ngakak tau pas kita chat tapi chatnya gak masuk:”””

19 Mei 2017



25 Mei 2017





Chat soal kuliah, novel, dan Jepang.


Tanggal 7 Juni gua chat “H-6”. Dia bales besoknya, katanya “Apa sih, wkwkw”. Terus malah dilanjut soal curhatan kondisi lo.

Andre:

“Lu tau gak sih selama puasa badan gue lemes selemes lemesnya umat”
“Udah kayak kurang darah banget”
“Jalan sedikit dada gue engap, jalan dikit pandangan gue burem, perut gue sakit, kepala gue pusing.”
“Dan baru beberapa hari kemaren gue beli Promag dan Sangobion”
“Dan hampir gak ngaruh njer”
“Sedih banget hidup gue cus, sendirian, badan kayak begini”
“Duh curhat jadinya wkwk”


Sumpah ya Ndre, kesel banget lo boongin temen kuliahan lo karena lo lagi merjuangin UI. Demi apapun gua kesel, dan alhasil waktu itu keadaan lo lagi sakit gini gaada sama sekali temen yang rawat. Di kosan sendirian, menderita sendiri. IHHH.





8 Juni 2017

Chat-annya panjaaaang banget sebenarnya bahas kuliah, bahas aktivis sampe bahas BC-an OA kampus-kampus. Sampe akhirnya pas magrib bahas lagi ngeanalisis sakit apa.





Masih 8 Juni, chat pindah ke wa.






Masih 8 Juni, bahas gamers.







9 Juni






10 Juni

11 Juni



Ini kita ngeanalisis penyakit dari rematik sampe ke anemia segala :(( Tanggal 11 Juni malem juga gue kirim seseorang (eakkk) temen lo buat nemenin lo, maafkan Icus yak Andre.-.


12 Juni





14 Juni


15 Juni

AHHH TAIK NDRE :”) Chat kita banyak bgt ternyata, dan lo juga banyak cerita ke gua;”( maafin ya Andre belum bisa jenguk karena jauh. Maaf Andre.









19 Juni 

Makasih Andreeee!

20 Juni






1 Juli: Andre keluar dari RS





2 Juli






6 Juli



9 Juli, Andre ngabarin pulang ke Lampung :")





13 Juli










Dasar ini si Andremah emang nyusahin,
tapi suka banget dah guamah disusahin sama lu Ndre:"3




27 Agustus


5 September


Gua panik, Ndre. Malem itu, gua cerita ke temen gua soal ini, katanya “jangan mikir yang aneh-aneh”. Andre apa kabar? Udah mulai jarang chat, karena lo nya juga mungkin udah jarang megang hape. Tanggal 6 lo bales, bilang “udah capek”, AKKKK ANDRE! Maafkan ya Icus cuma bisa bantu doa aja, maaf belum bisa nengok Andre. Andre kuat, Andre udah berjuang. 



Kemarin malem, tanggal 16 September. Gua dapet kabar lo meninggal. Innalillahi wainna ilaihi roji’un. Selamat jalan Andre. Gua gatau lo meninggalnya tanggal berapa, tanggal 15 atau 16 pagi. Sekali lagi gua minta maaf belum bisa liat lo. Salah satu temen terbaik Icus, temen sharing kuliah, temen sharing buku bacaan. Andre, Icus gak kuat ih. Gak bisa berhenti nangis dari malem sampe hari ini (17 September). Lewat tulisan ini gue pengen mengenang aja masa-masa chat sama lo, dari awal kita nyari tau penyakit yang lagi lo derita, cerita-cerita soal lo ke puskesmas, hidup sendirian di Jakarta, balik ke Tangerang yang malu sama driver karena barang bawaan lo banyak, sampe balik ke Lampung dengan cerita perjalanan lo yang make Freshcare yang gua kirim pas lagi di Jakarta.

Sumpah ya Ndre kenapa rasanya sedih banget. Padahal belum pernah ketemu. AH ANDRE!!!! Katanya nanti kalo lo udah kerja mau traktir gua, katanya nanti mau meet up. ANDRE IHH:”) Lo pejuang, keren dan gua salut! 3 kali daftar SBMPTN dan masih belum beruntung buat masuk ke kampus jaster kuning itu. Ternyata ini toh ya Ndre, rencana Allah. Icus ikhlas nah Andre pergi. Makasih btw waktu itu suka nemenin gua chat, pas lagi gabut, pas lagi sepi. Cerita-cerita Andre soal kampus lo, soal temen-temen lo sampe soal penyakit lo gabakalan gua lupa. Makasih udah nyemangatin juga pas gua mau tes wawancara Beasiswa Djarum. Tanggal 14 September itu gua chat itu mau ngasih tau kalau gua lolos beasiswa loh, Ndre. Sama nanya soal kondisi lo, tapi gak dibales, dan lusanya malah dapat kabar lo meninggal. 



Yang tenang disana, Ndre. Banyak yang sayang sama lo, lo baik, lo seru, lo pejuang dan lo kuat. Cerita lo lawan penyakit dan bertahan serta berharap buat sembuh semoga jadi bahan refleksi buat orang-orang. Iya, lo sering ngeluh juga, wajar aja itu, tapi disana lo juga berdoa buat sembuh, kan? Ah. Pokoknya tenang disana, Andre. Semoga ditempatkan di tempat terbaik dan diampuni segala kesalahan-kesalahan lo. Allahumagfirlahu, warhamhu, waafihi, wafuanhu.. Mohon doanya untuk teman saya, sahabat saya, Andre Permana. Alfatihah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

YEL-YEL PRAMUKA

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

TIPS NGUBAH STATUS JOMBLO DALAM WAKTU 1 JAM