Dibalik Cerita Seleksi Beasiswa Djarum 2017 #1: Dapet Info Darimana?

Akhirnya gua ada mood buat nulis lagi. Yoks, setelah sekian lama tak berkarya~

Kali ini gua pengin bahas soal Beasiswa Djarum Foundation, mulai dari information session, seleksi berkas, wawancara sampai pengumuman. AHHH Penasaran gak siyy? Oke, sebelumnya gua minta maaf ya kalau disini bahasanya gak baku, atau sok asik *ha* Emang gaya nulis gua di blog udah begini mulu, kenapa? Biar kalian enak aja bacanya, biar deket juga sama kalian. *ciaaa

Oke, JADI BEGINI.

Awal gua tau soal beasiswa ini tuh emang sejak gua mau masuk UNSIL. Disini cuma sebatas tau kalau di UNSIL ada beasiswa ini, udah, gitu aja. Terus tahun kemarin, gua makin tau dari A Eka, Ketua EDSA 2016. Dia itu suka bawa buku djarum kalau lagi rapat, inget banget waktu itu gua numpang nulis di bukunya pas rapat koordinasi bendahara OMBUS. Nah, disini gua juga biasa aja, gak terlalu kepo hahaha :p

Entah gimana awal gua dapet kalau beasiswa djarum kembali dibuka di tahun 2017 ini, mungkin dari BC-an di LINE ya. Nah disitu gua mulai ngepoin sampai masuk ke grupnya. Nama grupnya: “Calon Beswan33 UNSIL”. Yaawla lumayan bikin penasaran juga ini beasiswa.


8 April 2017 gua masuk grup. Disana gua seringan jadi silent reader doang. Ya maklumlah, kalau sering muncul kan ada malunya dong hehe. Gils pokoknya disana bener-bener keren, antusiasme mahasiswa buat daftar juga banyak, bejibun! Ada beswan31 dan beswan32 juga, pada baik ngingetin “Udah pada daftar online belum?” kata a Yayan. Ditambah pesan-pesan a Dede Candra yang minta kita buat teliti.

Chat pertama gua di grup: Kirim stiker jempol ke atas bilang, “Cakep!” haha.

Baca chat ini... Entahlah apa yang dipikiran gua setelah baca chat ini rasanya gua pengin ngundang teman-teman kontak gua yang angkatan 2015 buat daftar Beswan.


Gua pun lakukan itu, wkwk. Ngundang semua kontak yang dikenal buat daftar beasiswa ini. Yoks, terserahlah siapa yang nantinya lolos, gua mah berharap dari Unsil banyak aja dah yang lolos, buat bawa nama Unsil keren, buat bawa nama Unsil melambung. 


Eh, malah tau gak sih, gua dikomenin gitu:( Iya sih ada salahnya gua, tapi cuma ngajak doang sih itu biar banyak yang daftar. Sampe agak bete itu gua disana, untuk gak left. *Gak bakal lah gua left-left, tar nyesel.


Next..
AKKKK!!! Makasih kakak-kakak beswan yang udah berbagi ilmu, berbagi informasi dan semangatin kita-kita. Ini gua ada screenshotan kak Nurul yang bagi-bagi perasaan senangnya jadi Beswan32. 

Gils!!! Bikin baper tau gak sih rasanya :” Dilanjut sama chat-an Rahmat (Mahasiswa Berprestasi 2015 Unsil) yang sumpah inspired banget. Ini grup keren yang bikin gua mikir.



Kamis, 4 Mei 2017 pukul 13:00 di Gedung Rektorat. Alhamdulillah sesuatu, dosen gua waktu itu, mata kuliah Language Policy and Curriculum gak masuk. Gua yang lagi nongkrong-nongkrong sama anak Pers di buku lapak samping Gedung Mandala baru dapat kabar kalau Beswan32 mau mengadakan Information Session di Gedung Rektorat Universitas Siliwangi.


“Sok liputan Djarum di Rektorat, Siska ada jadwal,” kata Siska (kalau gak salah). Gua akhirnya mau liputan sama Muchlis.

“Dapet berita iya, dapet ilmu juga iya, yak Mu, aku pengen daftar beasiswa ini juga soalnya,” kata gua.

“Hahaha sambil nyelam minum air Icus mah,” bales Muchlis.

Inget banget waktu itu gua ngefoto-foto sambil nyatet-nyatet make baju PDL Pers gantian sama Muchlis. Di akhir sesi, ketika mahasiswa yang dengerin bubar, gua nyamperin beswan buat wawancara. Begini enaknya jadi jurnalis. Punya kesempatan lebih sama orang-orang keren. Waktu itu gua wawancara a Yayan. Hasil tulisannya bisa dilihat disini ya, teman-teman:


http://www.persmaunsil.com/2017/05/information-session-beswan-djarum-pikat.html


ASLI deh, semangat gua makin menjadi apalagi ketika selesai wawancara Beswan dan melihat antusias mahasiswa yang minat daftar Djarum Beasiswa Plus. Ini benar-benar beasiswa yang beda, beasiswa yang gak cuma ngasih bantuan materi aja, tapi juga dengan softskills. That’s what I wanna get:” I wanna be better than now, I wanna be better than I ever did. Ayo kita bersaing! 

Baca cerita mulai pendaftaran online sampai kirim berkas DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

YEL-YEL PRAMUKA

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

TIPS NGUBAH STATUS JOMBLO DALAM WAKTU 1 JAM