Cerita Dibalik Seleksi Beasiswa Djarum 2017 #2: Registrasi Online dan Pengumpulan Berkas

TARA!!! Balik lagi dengan cerita gua saat seleksi Beasiswa Djarum. Beasiswa yang beda dari beasiswa kebanyakan. Gua minat untuk daftar beasiswa ini, tapi enggak ngarep-ngarep amat juga. Karena gua pernah merasakan gimana tingginya harapan lalu ditinggalkan begitu saja *ciaaa curhat. 

GUA HARUS MENCOBA! Kalimat itu yang selalu gua tanamkan dalam diri gua. Gak peduli kalau hasil akhirnya itu gagal yang penting gua coba dulu. Begitupun ketika dibukanya proses pendaftaran Beasiswa Djarum. Sumpah! Demi apa! Lo yang minat buat daftar gak boleh males, apalagi nunda-nunda. Jangan kayak gua yang 'sok' sibuk dan menyantaikan diri untuk daftar, sampai akhirnya agak keteteran di akhir. Banyak banget suka duka pendaftaran apalagi ketika pengumpulan berkas:””)

Waktu daftar online sih alhamdulillah lancar-lancar aja, meski memang terkendala koneksi internet yang lemot serta kuota yang menipis. Sebelumnya dibaca juga ya syarat pendaftar beasiswa ini. Bisa dilihat pada foto di bawah ini:


Nah selanjutnya, selesai registrasi online, ada pengumpulan berkas, dimana ini kita harus mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang harus dilampirkan dan dikirim ke kantor Beasiswa Djarum. Ini dia persyaratannya:


Kendala gua ada di Surat Keterangan Aktif Organisasi dan Transkip Nilai yang Dilegalisir.


Pertama, surat aktif organisasi. Dua organisasi yang gua ikuti di kampus membuat gua harus melampirkan 2 surat, ya kan, Pers Mahasiswa dan EDSA. 

Tau gak, waktu itu gua dua kali minta surat kepada dua organisasi itu. Pers, surat aktif di Pers yang udah dibuat sekretaris tiba-tiba ilang gak tau dimana. Mamaaaaa ih rasanya pengin nangis, mana Ketua Persnya itu susah dikontek (A Nurdin). Kenapa Icus teledor banget sih nyimpen surat dimana aja sampe keberadaannya entah dimana (ilang di Lab. Listening, pas persiapan acara EDSA ELT Conference). Alhasil gua minta lagi waktu itu, ngeprint sendiri dan minta tanda tangan sendiri dengan berkali-kali ngontek Pemimpin Umum (Ketua) Pers. Gua sempet ilang kesabaran dan berpikiran untuk pake tanda tangan wakil ketua aja, Agung namanya. Gua juga udah minta dia buat tanda tangan, tapi katanya terus aja hubungi Ketua. Kacau banget rasanya. Gua berkali-kali chat gak dibales tuh. Nelpon ke temen satu kosannya juga gak ada jawaban. Sempet di bales, ternyata yang bales itu temen kosannya. Katanya gini: "Iya nanti dikasih tau ke Nurdinnya, ya."

Tetapi setiap gua ke sekre, pasti aja gak ketemu A Nurdin. Gua gak ada di sekre, A Nurdin dateng ke sekre. Sebel amat kan ya. 2-3 hari gua nunggu A Nurdin dan belum dipertemukan, inalillahi, waktu batas pengumpulan bentar lagi pula. Sempet gua mikir buat tanda tangan sendiri juga, tapi GAK! Gua pengin jujur dan gamau curang. Lagian kalau gua begitu (ngede), usaha gua gak bakalan berkah dong? Terus yang ada gua gagal duluan. Everything has a risk. Singkat cerita akhirnya gua ketemu A Nurdin. Alhamdulillah, problem solved.*FYI sekarang setelah pengumuman surat aktif di Pers ada di loker gua di sekre EDSA, oke sip, ngeselin stadium akhir. 

Kedua, surat keterangan aktif organisasi di EDSA yang sudah dibuat sekretaris dan ditandatangani Ketua malah LECEK! Ketimpuk buku-buku di tas gua. Mulai gak jelas lagi udah. Tapi alhamdulillah masalah ini gak terlalu krusial. Karena Ketua EDSA (Dimas Arifin atau Ahok) mudah dicari. wkwk

Terus soal transkrip nilai, minta tanda tangan ke Ketua Jurusan sih mudah, tidak dipersulit. Terima kasih, Pak Rahmat. Yeay\(*0*)/ Kata Pak Rahmat: "Banyak banget yang minta tanda tangan ke saya buat beasiswa ini." Iya nah Pak emang banyaaaaaaaaak, yang sabar aja diminta tanda tanganya ya, Pak hehe.

Selanjutnya giliran ke SBAP, cari tanda tangan  Dekan untuk di transkrip nilai juga. Nah ini dah, bermasalah! Waktu itu sekitar pukul 1 atau 2 gitu, gua ke SBAP diantar Gugun, gua salah ngomong: “Pak, Pak Wadeknya ada?” Harusnya gua nyebut Dekan, bukan Wadek. Gua diomelin itu, orang SBAP ngomongnya nyolot, padahal kan biasa aja, namanya juga mahasiswa suka salah:(

Gua disuruh cek diruangannya dan nunggu lumayan lama. Tapi gak ada terus, gua nanya deh ke yang lain, katanya udah pulang. LAH, ini masih jam kerja masa udah pulang? Gua konfirmasi buat nanya lagi kejelasannya ke bapak-bapak yang berbeda. Katanya kan bilang: "Gak ada" terus gua bilang pokoknya membenarkan udah pulang itu bener atau gak pak Wadeknya? NAH, oonnya gua malah salah sebut lagi dan diomelin lagi. -_- "Beda atuh Wadek sama Dekan!" "Terus kata siapa udah pulang?" Lah orang tadi ada yang bilang begitu. Ah sumpah dah disini gua kesel banget, si Gugun nenangin gua katanya, udah, udah. Yaudah, gua simpen aja berkas transkripnya dititipkan ke bapak-bapak yang nyolot dan nada bicaranya gua gak suka itu. Pas balik ke sekre gua masih kesel itu kan, gua paling sebel kalau digituin wkwk Asli ya udah mah gua bete cari tanda tangan ketua, ini ditambah dapet beginian, kesel banget akhirnya nangis wkwk.

Finally...

Semua persyaratan berkas gua udah lengkap. Berkali-kali gua cek, mulai dari formulir yang diprint hasil registrasi online sampai persyaratan yang lain. Semua persyaratan dimasukin ke amplop coklat dan di luarnya di tempel kertas yang berisi alamat tujuan dari registrasi online.

Yaaap, siap kirim! Sebenarnya gua kebilang mepet menuju batas penutupan pengumpulan berkas nah waktu itu :') Booth yang disediakan Beswan32 di depan Gedung Mandala juga udah gaada dan tidak menerima pengumpulan berkas lagi. Padahal enak kalau ngumpulin ke Booth, gak usah bayar ongkos kirim dan berkas akan sampai dengan selamat. Berhubung gua telat, mau tidak mau harus memakai jasa pengantar barang/dokumen, yep JNE. Gua pilih JNE di Jalan Sutisna Senjaya. Dag-dig-dug berkas gua takut gak nyampe, mana H-2/H-3 penutupan lagi:") Tarif paket yang gua pilih juga yang paling cepat sampe, plastiknya merah.
 
Bismillah. Tinggal nunggu pengumuman seleksi berkas aja waktu itu.

Baca Cerita Dibalik Seleksi Beasiswa Djarum 2017 #3: Tes Tulis, Wawancara dan Pengumuman DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

YEL-YEL PRAMUKA

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

TIPS NGUBAH STATUS JOMBLO DALAM WAKTU 1 JAM