Cerita Dibalik Seleksi Beasiswa Djarum 2017 #3: Pengumuman dan Seleksi Tes Tulis dan Gambar

HWAAAA!!!! Gua galau, takut berkas gua telat/gak nyampe, yang mengakibatkan dokumen gua ditolak dan alhasil gagal dalam seleksi berkas Beasiswa Djarum 2017. Jelas, disini gua bakal kecewa dan nyesel banget kalau itu benar-benar terjadi, karena ini semua murni kesalahan gua yang nunda-nunda buat kirim berkas dan ceroboh dalam menjaga dokumen-dokumen lain seperti Surat Aktif Organisasi yang mengakibatkan gua kelabakan nyari tanda tangan lagi.

Tanggal 9 Juni 2017
Pengumuman Seleksi Berkas

Gua mantengin e-mail, dan....
.
.
.
.
.
Alhamdulillah dokumen gua berarti nyampe :") dan gua LOLOS SELEKSI BERKAS! *yay:"D


Alhamdulillah, gua senang kawan-kawan gua juga banyak yang lolos. Kebahagiaan mahasiswa lain pun tergambarkan dengan reaksi ramainya grup Calon Beswan33 Unsil di LINE. Sekitar 180an (kalau gak salah) yang lolos seleksi berkas. Sedih juga ada beberapa teman organisasi yang gagal dalam seleksi ini, entah karena dokumennya telat sampai atau bagaimana:" Soalnya, katanya emang ada yang H-1 baru dikirim dokumennya.

Perjalanan proses seleksi belum berakhir. Masih ada tes tulis dan tes gambar. Kabarnya, pada tes bagian ini benar-benar dipangkas habis. Dari ratusan bisa jadi tinggal puluhan.

Seleksi Tes Tulis dan Gambar

Seleksi tes di kampus gua dilaksanakan hari Senin, tanggal 19 Juni 2017 dari pukul 07.00-17.00.
Weh, lama banget? Engga, jadi berhubung gedung rektoratnya tidak menampung 180an peserta untuk tes seleksi, jadi dibagi 2 gitu. Kloter pertama pukul 07.00-12.00, kloter kedua pukul 13.00-17.00. Gua kebagian kloter kedua.

Sebelum tes seleksi, gua nyari tahu dulu dengan baca-baca pengalaman Beswan tahun lalu di google. 
Ada beberapa kompetensi yang diseleksi. Mulai dari Tes Potensi Akademik, Logika, Pengetahuan Umum, Matematika (Deret, Aritmatika) dan lain-lain. Gua gak akan cerita banyak soal tes yang satu ini, kamu tinggal jawab aja sesuai pengetahuan yang kamu miliki. Gampang? Ya gampang-gampang susah sih. Disini kecepatan dalam menjawab benar-benar harus diperhatikan. Gua sendiri dalam satu bagian, misal ada 25 soal maka yang kejawab paling cuma 15-20 soal. Waktunya gak kerasa banget :") Saran dari gua, isi aja semua jawabannya karena gak ada sistem minus. 

Selepas tes yang disebutkan diatas, lanjut tes gambar. Ada 3, diantaranya:
1. Wartegg Test
2. Draw A Man Test
3. Draw A Tree Test

Wartegg Test

Dalam tes yang satu ini, kita diminta untuk melanjutkan pola yang sudah ada. Ada 8 pola, diantaranya titik, garis lengkung, kotak dan lain-lain. Polanya bisa dilihat di bawah:


Tidak usah khawatir pola awalnya akan berubah, karena pasti seperti itu kok. Tinggal gambar sesuai apa yang ada di imajinasimu. Jangan mengikuti dari gambar-gambar yang sudah tersebar di internet ya! SEKALI LAGI, GUNAKAN IMAJINASIMU. Kalau kamu mengikuti gambar-gambar di internet, jelas, penilai bisa jadi sudah familiar dengan apa yang digambar dan mencap kamu sebagai orang yang tidak kreatif.

Urutan menggambar pun bebas, tidak harus berurutan dari gambar pertama sampai gambar terakhir. Di tes ini juga kamu diminta menuliskan nama dan nomor urut dari setiap kotak yang kamu gambar. Hoalah! Jangan lupa latihan menggambar beberapa hari sebelumnya terlebih dahulu agar nanti saat seleksi wartegg test ini tidak bingung harus menggambar apa.


Oh iya buat kamu sering-sering baca artikel lain juga ya, karena gambar yang dibuat serta urutan menggambar juga memiliki arti.

BTW pada mau lihat gambar wartegg test gua, gak? WKWK. Ah, gamau ngasih tau ah, nanti ditiru haha, yang jelas gua gambar lebah, reporter, gunting dan alat-alat tajam, gedung, alat pengukur detak jantung, sejenis ufo, kupu-kupu dan balon udara. Bayangin aja sendiri sesuai versi terbaikmu masing-masing. 


Draw A Man Test

Jelas sepertinya ya, di bagian ini kita disuruh menggambar seseorang yang sedang melakukan aktivitas. Bebas. Bisa jadi gambaran kamu di masa depan. If your ambition as a teacher, draw a teacher. Terserah kamu pokoknya. Waktu itu gua gambar seorang reporter dengan rambut keriting dan sedang memegang mic. Yoks, impian gua menjadi seorang jurnalis, hehehe.

Gambarkan sosok tersebut dengan postur tubuh lengkap. Disini kamu juga diminta untuk menuliskan deskripsi singkat tentang sosok tersebut. Gampang kan? Jangan lupa latihan agar kemampuan menggambarnya lebih baik.

Draw A Tree Test

Gak jauh berbeda dengan penjelasan Draw A Man Test diatas. Disini kita diharuskan menggambar pohon. Pohon yang digambar diusahakan jangan pohon beringin, yang daunnya gak jelas, tapi diharuskan menggambar pohon yang berdikotil/ bercabang. Contohnya bisa pohon mangga atau pohon apel. Jangan males membuat daun yang lebat. Semakin lebat daun akan semakin bagus. Pakai buah dan bunga juga ya! Karena dari setiap gambar yang kamu buat memiliki arti. Contohnya juga ketika menggambar pohon beserta akarnya, menggambarkan bahwa kamu seseorang yang memiliki pendirian yang kuat. *EAAA

By the way, waktu itu gua menggambar pohon mangga, lengkap dengan buah dan akarnya. Make your best tree guys!

Nah, itu dia beberapa tahapan tes tulis seleksi Beasiswa Djarum yang akan dihadapi. Gampang-gampang susah. Ketika gua latihan juga, tak jarang hasil gambar gua diejek wkwk. Dio salah satunya. Ampun deh dia bilang gambar gua mirip apa ya wkwk, intinya gak jelas gitu deh. Lupa haha, udah dihapus juga chatnya soalnya. Jangan malah jadi down dibilang kurang bagus atau sejenisnya. Jadikan penyemangat untuk lebih baik lagi, eaaaa.

Ini ada beberapa screenshotan chat ketika gua cerita soal latihan gambar menggambar juga ke Fajar, wkwk. Sedih juga dibilang gak sesuai ekspektasi, tapi ya namanya juga mencoba dan terus berproses.



Yoks! Intinya harus rajin berlatih, terus mencoba dan jangan menyerah! You can do it, you can pass it! Semangaaaaaaat! Gimana hasil tes tulis? Loloskah Icus ke tahapan seleksi selanjutnya? AKKK!!! Wawancara! OMG:"""(

BACA KELANJUTAN Cerita Dibalik Seleksi Beasiswa Djarum 2017 #4: Lihat Pengumuman Seleksi Tulis dan Gambar DISINI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

YEL-YEL PRAMUKA

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

TIPS NGUBAH STATUS JOMBLO DALAM WAKTU 1 JAM