TIPS DAN TRIK MENGHADAPI MATEMATIKA



       Banyak orang yang masih menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang paling sulit. Bahkan sebagian orang mengibaratkan Matematika itu seperti monster, sangat menakutkan. Terlebih lagi banyaknya rumus yang digunakan, membuat sebagian siswa dilanda rasa galau. Padahal, matematika tidaklah sesulit yang dibayangkan. Berikut adalah tips dan trik dalam menghadapi Matematika:


1. Anggaplah Matematika itu Menyenangkan

Buanglah anggapan bahwa matematika itu adalah pelajaran yang sulit. Apabila seseorang telah menganggap matematika itu sulit, maka kondisi ini akan mematikan kreativitas dan membatasi diri dalam mengerjakan soal matematika. Seperti perkataan, “Abdi mah teu tiasa ih Matematika mah”, “Rieut ah matematika mah, da hese” atau perkataan lainnya. Sehingga yang terjadi adalah rasa takut, waswas, dan tidak tenang. Katakanlah: “Kudu bisa, yakin bisa, pasti bisa!”


2. Perbanyak Latihan Soal

Dengan sering mengerjakan soal, kita akan terbiasa menyelesaikan masalah, baik masalah yang tingkat kesulitannya rendah, tinggi, sama maupun berbeda. Matematika harus sering banyak latihan soal. Ada banyak manfaat dari seringnya latihan soal, diantaranya kita menjadi teringat akan rumus-rumus dan kapan/ dimana kita harus menggunakannya.


3. Jangan Terpaku pada Satu Metode

Matematika adalah ilmu yang fleksibel. Artinya banyak cara tetapi tetap satu jawaban. Maka dalam matematika ada peluang untuk menggunakan cara yang berbeda.


4. Kerjakan Soal secara Berjenjang

Mengerjakan soal dengan berjenjang artinya mengerjakan soal dengan bertingkat dari soal yang mudah, sedang, dan sulit. Hal ini akan memudahkan seseorang dalam menguasai matematika.


6. Pahami Penggunaan Rumus

Jangan hanya hafal rumus, hafal rumus belum tentu tahu cara penggunaannya, Tetapi dengan sering banyak latihan maka dengan banyak latihan, maka akan tahu penggunaannya. Hadirnya rumus dalam Matematika tidak hanya untuk dihafal, tetapi untuk dimengerti bagaimana cara menggunakan rumus tersebut.


Semoga tips dan trik dalam menghadapi Matematika diatas dapat dijadikan solusi alternatif untuk kegiatan pembelajaran Matematika. Matematika itu tidak rumit, tidak sulit, tetapi menyenangkan. ;)



Mampu mengerjakan setiap kesulitan sebagai tantangan

akan membuat dirimu lebih berarti.

Jangan lari dan putus asa jika menghadapi

kesulitan yang belum terselesaikan. Yakinkanlah! kita BISA dan kita MAMPU !


Komentar

Postingan populer dari blog ini

YEL-YEL PRAMUKA

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

TIPS NGUBAH STATUS JOMBLO DALAM WAKTU 1 JAM