THE ONE AND ONLY TIP LEARNING ENGLISH

Selama gue PLP, banyak banget pertanyaan “Bu gimana caranya biar pinter Bahasa Inggris?” Sumpah! Terharu deh gue, karena keingintahuan mereka untuk belajar bahasa tidak serendah yang gue bayangkan kayak semisal: “ngapain sih belajar bahasa inggris, bahasa pembodohan” atau “males banget belajar bahasa inggris, gue ga ngerti” dan sebagainya. Oke, Ini juga berarti kalau awareness mereka sangatlah tinggi. 

Tentu saja gue menyimpulkan ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka “pengin pinter bahasa inggris”. Penyebab pertama emang mereka suka bahasa inggris. Penyebab kedua karena mereka memang ingin bisa bahasa inggris. Penyebab terakhir adalah karena mereka senang sama pengajaran yang gua berikan sehingga ada keinginan lebih yang muncul dalam benak mereka “to learn more”. *PREEETTT 

By the way, penyebab ketiga sangatlah tydac penting memang guys, ini hanya untuk memperpanjang agar tulisan ini lebih pantas dan enak dibaca wkwkwk. Sudahlah, daripada banyak cingcong, mari kita mulai tulisan Curhat PLP edisi lumayan berfaedah dengan bahasa renyah dengan ucapan bismillah. Bismillahirrahmanirrahim. Ini dia the one and only tip ala Icus belajar Bahasa Inggris, check it out babe! 

Pilih Media yang Lo Suka 

Belajar bahasa inggris di era teknologi menjadi semakin mudah. Iya loh, lo tinggal milih aja media yang ‘lo banget’ and you will get what you want. Misal lo suka baca, start doing ebook berbahasa inggris from now. Lo suka nonton? Tonton youtube orang-orang luar negeri. Lo suka dengerin lagu? Download, dengarkan dan nyanyikan lagu-lagunya. It works! Really. Percaya deh sama gue. Ada juga salah satu cara lain yang banyak teman-teman gue lakukan sebagai media untuk belajar bahasa inggris yaitu menonton film luar negeri dengan subtitle bahasa inggris. (Lah mana ngerti dong jalan filmnya?) 

Nah ini nih, alasan yang menyebabkan orang Indonesia menonton film itu memakai subtitle Indonesia, katanya kalau pake Inggris mana bisa ngerti. *jangan ngomong gini betewe kalau belum nyoba ye==’ nyoba aja belom yak an dah mengklaim begini* huft huft 

Cobain deh nonton film pakai subtitle inggris, lo pasti bakal mengerti jalan ceritanya kok. Kenapa? Karena sebuah film disajikan tidak hanya didukung oleh kekuatan interaksi para pemerannya, namun juga didukung oleh kekuatan visualnya. Gelaseh, oleh karena itu pasti lo akan mengerti jalan ceritanya, ditambah lo juga akan berada dalam ranah pembelajaran bahasa yang benar, karena sadar tak sadar dengan subtitle bahasa inggris, tulisan yang dibaca 100% sesuai dengan apa yang didengar. Tidak seperti saat lo menonton pakai subtitle bahasa Indonesia. 

Media lain yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan “partner chatting/speaking” 

Cari bule-bule di sosial media, ajak mereka interaksi dengan lo. Cara inilah yang sering banget gue lakukan, tidak ada alasan pula “susah cari bulenya” karena caranya tinggal ketikan salah satu nama bintang internasional di kolom pencarian sosial media, kunjungi profilnya, lalu pilih beberapa netizen yang ingin lo ajak ngobrol via direct message. As simple as you breath. wkwk 

Push diri lo untuk melakukan semua itu. Gaada alasan buat lo gabisa melakukan salah satu dari banyak cara diatas. Selepas itu, buat komitmen dan hukuman dalam melakukan the way you learn English. 
  • Komitmen: 
Gue harus nonton film berbahasa inggris satu minggu sekali/ gue harus chat sama si F setiap hari Senin 
  • Hukuman/punishment kalau gue gak melakukan: 
Gue harus push up 100x/ si F bakal ngasih gue tantangan yang harus dilakukan 


Sekian dulu tulisan ala kadarnya ini wkwk, Bye!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

YEL-YEL PRAMUKA

TUGAS KEWIRAUSAHAAN

TIPS NGUBAH STATUS JOMBLO DALAM WAKTU 1 JAM